expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday, March 1, 2014

Kelebihan Lobster Air Tawar dibandingkan Udang Windu


Lobster air tawar merupakan udang yang menyerupai lobster air laut dan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Beberapa tahun terakhir ini peranan lobster air tawar semakin penting, terutama sebagai salah satu sumber devisa negara.

Pasar ekspor lobster air tawar yang dapat diandalkan saat ini adalah Australia, Jepang, Amerika, Malaysia dan Singapura. Kelebihan lobster air tawar jika dibandingkan dengan udang windu diantaranya :


  1. Lobster air tawar dikenal lebih tahan terhadap penyakit-penyakit udang-udangan yang ada seperti White Spot,
  2. Lobster air tawar memiliki pertumbuhan yang relatif cepat,
  3. Lobster air tawar mengandung lemak rendah (< 2%), selenium yang merupakan antioksidan untuk menghindari penyakit jantung dan koroner, mempunyai sumber yodium, zink, asam lemak omega 3, magnesium, kalsium dan fosfor,
  4. Lobster air tawar memiliki tekstur daging yang kenyal dan rasa gurihnya melebihi lobster air laut.

Selain keempat faktor tersebut, warnanya yang menarik dan teknik budidaya yang cukup sederhana, serta permodalan yang tidak terlalu besar, menjadikan komoditas ini menjanjikan peluang bisnis yang baik sehingga layak untuk dikembangkan.

Prospek yang cerah dari usaha lobster air tawar ini telah menarik masuknya perusahaan-perusahaan atau petani-petani ikan baru untuk ikut mendapatkan keuntungan dari usaha produksi maupun pemasarannya.

No comments:

Post a Comment