Selain dari sisi budidaya yang cukup sederhana, berkembangnya usaha
lobster air tawar sebenarnya tidak lepas dari tingginya permintaan
pasar, terutama pasar ekspor, baik dalam keadaan hidup ataupun beku.
Jepang merupakan potensi pasar yang paling besar di asia. Masyarakat
Jepang memang sangat terkenal
menyukai ikan dan udang termasuk lobster, terutama dari Australia. Selain Jepang, Negara Asia lainnya seperti Malaysia, Hongkong, Cina, Taiwan, Korea, dan Singapura juga mengimpor lobster.
menyukai ikan dan udang termasuk lobster, terutama dari Australia. Selain Jepang, Negara Asia lainnya seperti Malaysia, Hongkong, Cina, Taiwan, Korea, dan Singapura juga mengimpor lobster.
Jika
berkunjung ke restoran dan hotel berbintang di Negara Negara tersebut
hampir bias dijumpai menu makanan dari lobster.Masyarakat di Negara
Negara dari belahan dunia lain pun seperti Amerika serikat, Kanada,
Perancis, Belanda, Selandia baru, dan Australia menjadikan lobster
sebagai makanan favorit karena mereka yakin bahwa mengkonsumsi lobster
air tawar lebih menyehatkan dibandingkan dengan makanan laut. Direstoran
restoran Selandia Baru, Australia dan Hongkong, misalnya, lobster
disajikan dalam bentuk sup, nuggets, atau campuran salad.
Bagaimana dengan di Indonesia ?
Pertumbuhan pasar lobster air tawar di Indonesia berjalan sangat lambat sekali.
Pasar yg ada baru menjangkau Hotel-hotel kelas Atas saja
Sementara Pasar menengah ke bawah belum terjangkau sama sekali.
Untuk Pasar Konsumsi, konsumen mempersepsikan lobster air tawar lebih tinggi dibanding dengan jenis udang yang lain, seperti galah,vanamei dan tiger. Tingkat keinginan konsumen untuk mencoba kembali juga termasuk tinggi.
Dan jika terjun di bisnis ini, kita harus berjibaku untuk mengedukasi pasar karena komoditas LAT adalah produk pioner atau dgn kata lain produk yg belum umum ada di pasaran.
Agar berhasil di dalam bisnis ini. Buatlah rencana bisnis yang matang karena dengan rencana bisnis yang matang tersebut, insya Allah anda akan bisa melihat peluang-peluang maupun hambatan yg ada dalam bisnis ini, semoga tulisan ini dapat membantu anda,tidak sekadar janji-janji dan cerita manis tentang bisnis ini
Bagaimana dengan di Indonesia ?
Pertumbuhan pasar lobster air tawar di Indonesia berjalan sangat lambat sekali.
Pasar yg ada baru menjangkau Hotel-hotel kelas Atas saja
Sementara Pasar menengah ke bawah belum terjangkau sama sekali.
Untuk Pasar Konsumsi, konsumen mempersepsikan lobster air tawar lebih tinggi dibanding dengan jenis udang yang lain, seperti galah,vanamei dan tiger. Tingkat keinginan konsumen untuk mencoba kembali juga termasuk tinggi.
Dan jika terjun di bisnis ini, kita harus berjibaku untuk mengedukasi pasar karena komoditas LAT adalah produk pioner atau dgn kata lain produk yg belum umum ada di pasaran.
Agar berhasil di dalam bisnis ini. Buatlah rencana bisnis yang matang karena dengan rencana bisnis yang matang tersebut, insya Allah anda akan bisa melihat peluang-peluang maupun hambatan yg ada dalam bisnis ini, semoga tulisan ini dapat membantu anda,tidak sekadar janji-janji dan cerita manis tentang bisnis ini
Terima Kasih & Sangat Inspirasi
ReplyDelete