expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday, March 24, 2015

Cari Pangsa Pasar Sebelum Budidaya Lobster Air Tawar


Marketing Plan

Ikan yang akan di jual adalah lobster ukuran konsumsi 10 ekor/kg dan bibit lobster air tawar siap tebar dengan ukuran 2 inchi.

Situasi Pasar :
Harga selangit, selama lobster air tawar menjadi produk konsumsi, pasti ada pasar yang akan menampungya. Booming lobster air tawar tidak seperti jangkrik atau cacing yang hanya sementara dan menemui titik jenuhnya karena tidak jelas konsumen akhirnya (end user). Prospek bisnis lobster air tawar diperkirakan seperti ikan mas, lele dan gurami. Walaupun jumlah pembudidaya sudah banyak, selama masih ada niatan manusia untuk mengkonsumsinya, permintaan lobster akan selalu ada.

Saat ini, harga lobster untuk pasar local masih sangat tinggi. Hal ini sangat wajar karena jumlah penawaran lebih sedikit dari jumalh permintaan. Namun seiring dengan semakin banyaknya pembudidaya lobster air tawar, bukan tidak mungkin harga lobster air tawar bisa lebih terjangkau berapa tahun kedepan.

Dengan demikian alobster air tawar akan mudah dijumpai di supermarket, café, dan restoran seafood. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika warung tenda di pinggir jalan bakal menyajikan menu masakan dari lobster air tawar.

Kesimpulannya adalah sebelum anda membudidayakan lobster air tawar ada baiknya untuk melakukan market plan terhadap budidaya lobster air tawar. Bisa menayakan ke dinas perikanan/pasar seperti cafe dan restoran terdekat.

No comments:

Post a Comment