expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday, April 13, 2014

Langkah-Langkah Pembenihan Udang Galah Secara Intensif


Keluaran 
Diperoleh benih udang galah dengan kelangsungan hidup tinggi, mudah dan murah dalam produksinya 

Bahan dan Peralatan 
1. Bahan 
Induk udang betina, induk udang jantan, artemia, air laut, malachitgreen, kaporit, pakan buatan 
2. Peralatan 
Generator 1 pk, blower, heater, pompa air, kulkas, saringan larva, batu aerator, seser, slang plastik, blender, loyang, pisau, kompor, bak larva, bak saringan biologis, dan bak saringan mekanis. 

Pedoman Teknis 

a. Persiapan bak 
Persiapan bak meliputi bak pemeliharaan larva, bak penetasan, bak penetasan artemia, bak penampungan air. Semua bak tersebut dibersihkan dengan bahan pembersih seperti kaporit dengan dosis 100-150 ppm dengan waktu perendaman 12-24 jam, bak tersebut dibilas dengan air bersih. 

b. Persiapan media 
Air media pemeliharaan larva disiapkan 2-3 minggu sebelum larva udang galah ditebar agar bakteri dapat tumbuh dengan baik (mencukupi) pada filter biologis. Salinitas air media berkisar 8-12 permil, suhu media 28-31 derajat C dengan menggunakan heater. 

c. Persiapan induk 
Induk betina yang digunakan dengan ukuran berat berkisar 40-50 gr dan induk jantan 80-100 gr. Perbandingan jenis kelamin yaitu 1 ekor jantan untuk 3 ekor betina. Jumlah yang diperlukan adalah 30 ekor jantan dan 90 betina. Induk-induk tersebut ditampung di dalam bak permanen. 
Induk yang baik adalah yang sudah dipelihara di kolam, apabila terpaksa menggunakan induk yang berasal dari alam, sebaiknya tidak langsung digunakan untuk produksi. Induk tersebut perlu dibiasakan dahulu dengan lingkungan kolam. 

d. Penetasan 
Setelah dipijahkan, telur akan dierami oleh induk betina selama 19-21 hari. Warna telur berwarna abu-abu, induk tersebut ditempatkan pada bak penetasan. Dalam waktu 1-2 hari telur tersebut akan menetas.

No comments:

Post a Comment