expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday, January 13, 2015

Daftar Harga Semut Kroto Januari 2015

Telur rangrang bisa menetaskan uang. Buktinya,pembudidaya semut rangrang penghasil kroto meraup untung menggiurkan. Harganya stabil, bahkan kadang melonjak. Permintaan dari para pehobi burung dan pemancing pun tak pernah sepi.

Di musim hujan seperti sekarang, kroto atau telur semut api menjadi sangat berharga. Telur semut rangrang (Oecophylla smaragdina) itu dicari para pemilik burung. Lantaran pasokan kroto dari alam berkurang, budidaya semut penghasil kroto cukup menjanjikan.

Sudah jadi siklus tahunan, setiap tiba musim hujan, kroto menjadi barang langka. Di Surakarta, kelangkaan itu membuat harga kroto melejit hingga mencapai Rp 60.000 per kilogram (kg). Di Bandung, kroto dihargai Rp 80.000 per kg. Bahkan, di Jakarta, harganya lebih gila lagi. Di musim kemarau, harga kroto Rp 120.000 per kg, sementara saat musim hujan bisa Rp 150.000 per kg.

Biasanya, para penjual di pasar burung mendapatkan pasokan kroto dari para pengepul yang membeli dari para pemburu kroto di alam seharga Rp 50.000 per kg. Di kota besar seperti Jakarta, harga jual pemburu ke pengepul bisa mencapai Rp 70.000 per kg.

No comments:

Post a Comment