expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday, October 25, 2014

Panen Jahe Merah di Desa Mangunharjo

Jahe dibedakan menjadi 4 macam:
1. Jahe merah
2. Jahe putih
3. Jahe wulung
4. Jahe gajah

Paling banyak yang sering kita jumpai adalah jahe putih dan wulung. Jahe putih sendiri dapat digunakan untuk bahan masakan dan jahe wulung sering dijumpai pada wedang angkring sebagai minuman hangat.
Jahe Merah

Namun saat ini saya akan bercerita tentang Jahe merah yang pertama kali dibudidayakan di Desa Mangunharjo, tepatnya di Kabupaten Kebumen Kecamatan Adimulyo.

Saat saya berkunjung kerumah pembudidaya Jahe Merah Mas Slamet sedang memanen jahe merah. Media tanam menggunakan kantong/kandi/karung berukuran 25 kg seperti kantong beras bulog. Umur jahe yang dipanen oleh Mas Slamet ini sudah 9 bulan dan menghasilkan jumlah yang bagus.

Saat pertama membudidayakan jahe merah, Mas Slamet menyiapkan 3 kg bibit dengan memanfaatkan tunas pada umbi jahe merah, setiap kantong berisi 1 umbi dengan 10 tunas. Jumlah kantong yang berhasil ditanam sebanyak hampir 30 an.
Jahe merah Media Kantong/Kandi

1 bulan pertama tunas mulai muncul menuju permukaan

2 bulan muncul daun
3 bulan umbi mulai memunculkan tunas umbi lain

4 - 7 bulan umbi mulai berkembang (karena setiap muncul umbi tunas membutuhkan waktu 3 bulanan)
8 bulan daun jahe merah mulai menguning
9 bulan jahe merah mulai siap dipanen
Daun Jahe Merah rontok

Meskipun awal panen membutuhkan waktu yang cukup lama, namun masih dirasa lebih awal dibandingkan dengan jahe lainnya.

Pemupukan Jahe merah milik Mas Slamet ini menggunakan humus dari rumput kering dicampur dengan kotoran kambing (cemendil) serta setiap minggunya disiram dengan air vermentasi dari air kencing terwelu (kelinci).

Ternyata khasiat air kencing kelinci sangat bermanfaat, Mas Slamet juga membudidayakan kelinci awal hanya memiliki 1 pasang dan sekarang sudah mampu menghasilkan setiap indukan memiliki anakan paling banyak 6 ekor. Jumlah seluruh keclinci Mas Slamet sebanyak 30an, dan sebagian sudah dijual. Bagi yang membutuhkan air vermentasi kelinci, bisa datang langsung ke alamat Desa Mangunharjo, Dusun Criwik, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen.

Kembali lagi ketopik Jahe merah,
Jahe merah ini memiliki khasit yang sangat banyak, bisa anda lihat DISINI.

Harga per kg Jahe merah saat ini berbeda-beda dengan daerah lain. Harga Jahe merah 1 kg nya adalah sekitar Rp. 70.000 untuk yang sudah kering.
Panen jahe merah

Untuk lebih jelasnya, nanti saya akan upload video di blog ini.
Berikut cuplikan video saya di rumah Mas Slamet Asal Desa Mangunharjo dari 1 kantong dengan hasil yang lumayan yaitu seberat 1/2 kg.

Bagaimana anda tertarik, jika ingin lebih lengkap anda dapat berkunjung langsung ke alamat
Desa Mangunharjo, Dusun Criwik, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen (Mas Slamet)

Terima kasih atas kunjungannya!!!
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment