expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday, September 23, 2014

Cara Cepat Tumbuh Lobster Air Tawar Dengan Ekstrak Wortel



Lobster air tawar merupakan udang konsumsi dan menjadi salah satu komoditas perikanan yang mulai dikembangkan untuk budidaya di Indonesia sejak tahun 2000, tetapi jumlahnya masih belum dapat memenuhi kebutuhan pasar. Peluang pasar inilah yang mendorong dilakukannya peningkatan kualitas maupun jumlah produksi lobster air tawar seoptimal mungkin. Salah satu teknologi yang digunakan untuk meningkatkan produksi lobster air tawar adalah melalui rekayasa pakan, diantaranya dengan penambahan ekstrak Wortel ke dalam pakan.

Pemilihan wortel sebagai bahan ekstrak yang dicampur ke dalam pakan karena wortel mempunyai kelebihan yaitu mengandung beta karoten, harga murah dan mudah mendapatkannya. Beta karoten merupakan provitamin A yang berperan dalam proses pertumbuhan. beta karoten di dalam tubuh akan dirubah menjadi asam retinoat yang berperan untuk meningkatkan sistem immun, reproduksi dan menjaga pertumbuhan sel.

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penambahan ekstrak wortel dalam pakan buatan terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup lobster air tawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak wortel dalam pakan buatan terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup lobster air tawar.

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Perikanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga yang dilaksanakan pada 6 April sampai dengan 6 Jum 2006. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan rancangan yang digunakan berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan A (kontrol), B (25 ppm), C (30 ppm), D (35 ppm), E (40 ppm) dan F (45 ppm) dengan masing-masing perlakuan mendapat tiga kali ulangan. Data yang didapat diolah dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) antara A (kontrol) dan perlakuan {B (25 ppm), C (30 ppm), D (35 ppm), E (35 ppm) dan F (45 ppm)) terhadap pertambahan berat dan pertambahan panjang mutlak lobster air tawar, sedangkan antar perlakuan tidak menunjukkan pengaruh yang nyata (p> 0,05).

Hasil penelitian penambahan ekstrak wortel dalam pakan antara kontrol dengan perlakuan tidak menunjukkan pengaruh yang nyata (p>0,05) terhadap laju pertumbuhan harian dan tingkat kelangsungan hidup lobster air tawar.

Kesimpulan:
dari penelitian ini adalah penambahan ekstrak wortel dalam pakan buatan dengan dosis minimal 25 ppm dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan benih lobster air tawar dan aman digunakan karena tidak mengakibatkan kematian benih lobster air tawar.

No comments:

Post a Comment