expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Friday, May 30, 2014

Macam-Macam Ikan Hias

Banyak manfaat yang diperoleh dari memelihara ikan hias di rumah, baik di dalam akuarium maupun kolam. Selain enak dipandang mata, lenggak-lenggok ikan hias dengan segala keindahan bentuk dan warnanya juga dipercaya dapat menghilangkan stres. Bahkan jika bisa memanfaatkan peluang yang ada, memelihara ikan hias dapat dijadikan sarana berbisnis.

Namun semua manfaat tersebut baru akan didapat jika ikan hias yang dipelihara tumbuh dengan baik dan sehat.Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak hobiis ikan hias yang mengalami kendala saat merawat ikan peliharaannya. Beberapa kendala yang sering dikeluhkan adalah ikan hias yang dipelihara tumbuh lambat, malas makan, bahkan mudah mati. Kendala tersebut terutama sering dialami oleh hobiis pemula yang baru memelihara ikan hias. 

Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis memberikan banyak keuntungan dengan terdapatnya macam-macam ikan hias dengan berbagai bentuk yang eksotis dan warna yang bermacam bak pelangi. Walaupun ada begitu banyak ikan hias di Indonesia tetapi baru beberapa yang ramai di minati dan di budidayakan diantaranya ialah :

1. Ikan Lou Han
1. Ikan Lou Han

Merupakan ikan hias dari keluarga Cichlidae. Siklid sendiri terdiri dari ratusan spesies ikan sebagai turunannya. Persilangan sesama ikan Lou Han ternyata mampu menghasilkan ikan Lou Han yang berkualitas bagus dan memberikan ciri-ciri fisik yang unik seperti pada aspek keindahan warnanya, rajah dan “kemolekan” bentuk tubuhnya.

2.  Ikan Rainbow
2.  Ikan Rainbow

inilah salah satu ikan hias yang banyak diminati kalangan eksportir disebabkan permintaan luar negeri akan pasokan ikan hias ini yang begitu bertubi-tubi yang kadangkala para eksportir pontang-panting memenuhinya. Ada 2 jenis ikan hias rainbow yang terkenal yaitu ikan rainbow Irian (Melano Tacnia maccaulochi dan ikan Rainbow Anlanesi ogilby Telmatherina ladigesi ahl.Keduanya sama – sama primadona ekspor.

3. Ikan Corydoras
3. Ikan Corydoras

Ini juga setali tiga uang dengan ikan Rainbow untuk urusan melanglang buana ke luar negeri sebagai komoditas ekspor. Selain sebagai ikan hias air tawar, ternyata dimanfaatkan juga sebagai bahan pembuatan kosmetik di luar negeri.Ikan hias ini bernenek moyang dari Amerika Selatan, namun telah lama berhasil dibudidayakan di Indonesia, salah satu sebab utamanya adalah begitu mudahnya pembudidayaan ikan hias ini.

4. Ikan Severum
4. Ikan Severum

Ikan severum merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Serikat bagian Utara. Dengan ciri tubuhnya yang pendek, agak gemuk dengan warna dasar tubuhnya bervariasi mulai dari coklat kekuningan, juga hitam  kecoklatan. Ikan hias ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi sebagai komoditi ekspor. Ikan Severum kerasan bila dipelihara didalam aquarium atau bak semen.

5. Ikan Hias Diskus
5. Ikan Hias Diskus

Dengan nama latin Symphysodon discus,ikan hias air tawar ini berasal dari sungai Amazon (Brasil). Jenis ikan hias ini bernilai ekonomis yang tinggi dan sangat digemari di berbagai negara tujuan ekspor. Di Indonesia, ikan hias ini begitu mudahnya berkembang biak dan dibudidayakan dikarenakan memang iklim indonesia tak begitu jauh berbeda dengan kondisi habitat leluhurnya.

6. Ikan Mas Koki
6. Ikan Mas Koki

Inilah ikan hias yang menjadi cikal bakal maraknya budidaya ikan hias di Indonesia. Mudahnya pembudidayaan ikan hias ini begitu menantang para pembudidaya untuk memeliharanya.Puncak pesatnya perkembangan budidaya ikan hias ini terjadi pada tahun 2000-an. Sekilas ikan ini tak beda dengan ikan mas, namanya juga sama-sama membawa marga mas. Leluhurnya berasal dari daratan china. Ikan ini begitu menggemaskan dengan gerakan renangnya yang terkesan “genit”. Mungkin karena genitnya sehingga banyak orang yang jatuh cinta untuk memeliharanya.

No comments:

Post a Comment